SELAMAT DATANG DI -- www.andykasipil.blogspot.com -- BERBAGI SEPUTAR ILMU TEKNIK SIPIL

Minggu, 04 Maret 2012

Daftar Istilah Dalam Pengelolaan Proyek

Dalam perencanaan suatu proyek banyak istilah yang sering kita dengar dan kita hadapi. Kita haruslah mengerti maksud dan makna yang diutarakan oleh pimpinan atau atasan kita.

Sebagai ahli struktur dibidak teknik sipil tentu kita harus menguasai beberapa istilah yang dipakai dalam perencanaan struktur. Karena jika kita sampai salah mengartikannya maka suatu proyek akan terganggu secara keseluruhan dan lebih paranhnya target pengerjaan bisa mundur bahkan sampai merugi.

Bagi mahasiswa jurusan arsitektur maupun teknik sipil atau jurusan apapun yang bergelut dibidang pembangunan suatu proyek haruslah mengerti beberapa istilah berikut ini. Mari bersama-sama kita simak.


1. Manajemen Proyek
Manajemen proyek adalah penerapan dari pengethuan, keahlian, peralatan dan cara-cara yang digunakan     untuk kegiatan proyek guna memenuhi kebutuhan dan kepuasan dari pengguna proyek.

2. Rencana Kerja dan Syarat-Syarat (RKS)
Rencana kerja adalah rencana alokasi waktu untuk menyelesaikan masing-masing item pekerjaan proyek yang secara keseluruhan adalah rentang waktu yang ditetapkan untuk melaksanakan sebuah proyek. Untuk dapat menyusun rencana kerja yang baik dibutuhkan : Gambar proyek, RAB, Daftar volume pekerjaan, Data lokasi proyek, Data Material, Data kebutuhan tenaga kerja, Data cuaca, Data alat berat yang digunakan, Metode kerja yang digunakan, Data keuangan, Data kapasitasi produksi.

3. Volume Pekerjaan
Volume pekerjaan adalah jumlah keseluruhan dari banyaknya suatu pekerjaan yang ada, dan dihitung dalam setiap jenis pekerjaan. Volume pekerjaan berguna untuk menunjukkan banyaknya suatu kuantitas dari suatu pekerjaan agar didapat harga keseluruhan dari pekerjaan-pekerjaan yang ada dalam suatu proyek.

4. Analisa harga satuan
Analisa harga satuan pekerjaan adalah perhitungan biaya-biaya per satuan volume yang berhubungan dengan pekerjaan-pekerjaan yang ada dalam suatu proyek. Guna dari harga satuan ini agar kita dapat mengetahui harga-harga satuan dari tiap - tiap pekerjaan yang ada untuk di analisa dan didapat anggaran yang dibutuhkan untuk suatu proyek.

5. Rencana Anggaran Biaya (RAB)
Rencana Anggaran Biaya adalah perhitungan banyaknya biaya yang diperlukan untuk bahan dan upah, serta biaya-biaya lain yang berhubungan dengan pelaksanaan bangunan atau proyek tersebut. Anggaran biaya merupakan harga dari bangunan yang dihitung secara merinci, cermat dan memenuhi syarat. Tujuan dari pembuatan RAB itu sendiri adalah untuk memberikan gambaran yang pasti tentang besarnya biaya yang akan dikeluarkan untuk pembangunan suatu proyek.

6. Kurva  "S"
Kurva "S" adalah kurva yang menggambarkan komulatif progess pada setiap waktu dalam pelaksanaan pekerjaan. kurva tersebut dibuat berdasarkan rencana atau pelaksanaan progess pekerjaan dari setiap masing-masing pekerjaan.

7. Barchat
Barchat adalah sekumpulan daftar kegiatan yang disusun dalam kolom arah vertikal. kolom arah horizontal menunjukkan skala waktu. Saat mulai dan akhir dari sebuah kegiatan dapat terlihat secara jelas, sedangkan durasi kegiatan digambarkan oleh panjangnya diagram batang. 

8. Network Planning
Network plannning adalah hubungan ketergantungan antara bagian-bagian pekerjaan (variables) yang digambarkan atau divisualisasikan dalam diagram network. Dengan demikian diketahui bagian-bagian pekerjaan mana yang harus didahulukan, pekerjaan mana yang bisa sama-sama dilakukan, pekerjaan mana yang tidak perlu tergesa-gesa sehingga pengaturan tenaga kerja dan alat bisa efisien.

Demikian sedikit istilah yang perlu teman-teman teknik sipil dan arsitektur ketahui.
untuk informasi istilah lainnya bisa langsung hubungan admin andykasipil.blogspot.com. terimakasih


   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar