Senin, 21 Mei 2012

Pengujian Tanah dengan Alat Sondir

Uji Sondir @Politeknik Negeri Sriwijaya
Apa itu uji sondir ??????

Pengujian sondir merupakan salah satu pengujian penetrasi yang bertujuan untuk mengetahui daya dukung tanah pada setiap lapisan serta mengetahui kedalaman lapisan pendukung yaitu lapisan tanah keras.
Kriteria lapisan tanah keras pada pengujian dengan menggunakan sondir ringan kapasitas mesin 2,5 ton adalah merupakan suatu lapisan tanah yang memiliki nilai konus (qc) yang lebih besar dari 150 kg/cm2. Akan tetapi pada tanah-tanah kohesif yang mempunyai tahanan friksi yang besar, seringkali nilai konus sebesar 150 kg/cm2 tersebut belum tercapai sedangkan total tahanan friksi yang timbul pada sepanjang stang sondir yang tertanam telah melampaui kapasitas mesin yaitu lebih besar dari 2,5 ton.

Pada kondisi yang demikian untuk memasukkan keseluruhan stang sondir sangat berat, dengan demikian pengujian terpaksa harus dihentikan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Bila kedalaman tanah keras masih tetap ingin diketahui maka perlu dilakukan pengujian penetrasi yang menggunakan mesin sondir dengan kapasitas yang lebih besar lagi tentunya.


Data hasil pengujian sondir disajikan dalam bentuk tabel serta dalam bentuk kurva hubungan kedalaman dengan nilai konus, qc dan nilai komulatif total friksi sebagaimana dapat dilihat pada lampiran (gambar dibawah) posting ini. 
Setelah dilakukan pengujian sondir maka diperlukan evaluasi karateristik lapisan tanah dilokasi sondir.  Evaluasi kondisi lapisan tanah dilokasi yang dilakukan berdasarkan data hasil uji sondir dengan mempelajari kurva hubungan nilai qc dan kedalamannya didapatkan adanya beberapa kondisi dan jenis lapisan-lapisan tanah.
Dalam analisis ini lapisan tanah dibagi menjadi beberapa lapisan dimana masing-masing lapisan memiliki batasan nilai konus yang tertentu. Berdasarkan data hasil uji sondir selanjutnya dapat diperkirakan karateristik lapisan tanah yang ada di lokasi pengujian. Lapisan tanah tersebut dapat dikelompokkan berdasarkan nilai konus (qc)nya yaitu :

a. 0 - 10 Kg/cm2  merupakan representasi dari tanah lunak (soft)
b. 10 - 20 Kg/ cm2  merupakan lapisan tanah sedang ( medium stiff )
c. 20 - 50 Kg/cm2  merupakan tanah kaku (stiff)
d. 50 - 100 Kg/cm2  merupakan representasi tanah sangat kaku (very stiff)
e. lebih dari 100 Kg/cm2 merupakan lapisan tanah keras (hard)


Gambar contoh data uji sondir




Semoga posting ini dapat membantu teman-teman yang berkecimpung didunia kontruksi. Maju terus kontruksi Indonesia. Maju terus Teknokrat Indonesia. Maju terus Jurusan Arsitektur dan Teknik Sipil Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar