SELAMAT DATANG DI -- www.andykasipil.blogspot.com -- BERBAGI SEPUTAR ILMU TEKNIK SIPIL

Minggu, 23 September 2012

Batako Sterofom

Apakah anda kenal batako ?
bahan yang satu ini bisa diganti sebagai pengganti batu bata dalam penyekat bangunan (rumah). Harganya yang relatif murah sering menjadi pilihan untuk dinding pada rumah rumah sederhana.

Bobot batako memang ringan dibandingkan batu bata, namun sekarang telah ditemukan cara agar membuat batako lebih ringan lagi. Bahan campuran untuk pembuatan batako bisa dikombinasikan dengan daur ulang sterofoam. Tentu cara ini lebih baik ketimbang sterofoam dijadikan pembungkus makanan cepat saji yang sangat berbahaya bagi kesehatan umat manusia. Bahkan, Badan kesehatan dunia (WHO) telah mengkategorikan sterofoam sebagai salah satu penyebab kanker.


Keuntungan dari memodifikasi campuran batako ini selain bobot batako yang turun drastis tetapi juga batako yang dihasilkan akan tahan gempa. cara pembuatannya pun cukup mudah dan dapat diikuti untuk kalangan pemula bahkan profesional sekalipun. 


Pertama-tama, limbah Styrofoam dihaluskan dengan cara dihancurkan menggunakan mesin penggiling. Hasil penggilingan Styrofoam yang berupa butiran-butiran putih ini selanjutnya direndam dengan air. Setelah itu, Styrofoam dicampurkan dengan bahan lain, yaitu semen dan pasir. Perbandingannya: satu semen, tiga pasir, dan tiga Styrofoam.

Lalu, masukkan campuran tersebut ke dalam cetakan yang sudah dibuat secara khusus. Padatkan batako ke dalam cetakan ini agar kualitasnya lebih bagus dan kuat. Setelah dikeringkan, batako dari campuran Styrofoam pun siap digunakan untuk membangun rumah.  Batako ini sangat cocok digunakan di daerah yang rawan gempa dan tentu biaya produksinya pun dapat ditekan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar