Jalan merupakan hal terpenting untuk dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi dan pembangunan. Dengan jalan maka mobilisasi perekonomian akan cepat.
Jalan yang bagus tentu harus dengan perencanaan yang baik pula. kali ini saya akan menjelaskan tentang perencanaan perkerasan jalan untuk pembukaan jalan baru. Pembukaan jalan baru tentu terlebih dahulu harus membebaskan lahan yang akan dilalui oleh jalan tersebut. Itulah yang membuat proyek jalan memakan waktu yang lama bahkan proyek jalan bisa menjadi proyek multi-years.
Jalan yang bagus tentu harus dengan perencanaan yang baik pula. kali ini saya akan menjelaskan tentang perencanaan perkerasan jalan untuk pembukaan jalan baru. Pembukaan jalan baru tentu terlebih dahulu harus membebaskan lahan yang akan dilalui oleh jalan tersebut. Itulah yang membuat proyek jalan memakan waktu yang lama bahkan proyek jalan bisa menjadi proyek multi-years.
Contoh soal perencanaan perkerasan jalan baru :
Rencanakan tebal perkerasan untuk jalan 2 jalur dengan data lalu lintas yang dikumpulkan pada tahun 1991 seperti dibawah ini :
Data lalu lintas tahun 1991 :
1. Kendaraan ringan 2 ton = 90 Kend/hari/2 jurusan
2. Bus 8 ton = 3 Kend/hari/2 jurusan
3. Truk 2 as 10 ton = 2 Kend/hari/2 jurusan
maka total LHR tahun 1991 = ( 90 + 3 + 2 ) = 95 kend/hari/2 jurusan
jalan dibuka tahun 1995
pertumbuhan lalulintas selama pelaksanaan = 5%/tahun
pertumbuhan lalulintas setelah jalan dibuka = 6%/tahun
umur rencana jalan, UR = 10 tahun
daya dukung tanah dasar , CBR = 3,4 %
Faktor regional, FR = 1,0
Bahan perkerasan :
Lapis permukaan = Lapen mekanis
Lapis pondasi atas = Batu pecah, CBR 50%
Lapis pondasi bawah = Tanah kepasiran, CBR 20%
Penyelesaian