SELAMAT DATANG DI -- www.andykasipil.blogspot.com -- BERBAGI SEPUTAR ILMU TEKNIK SIPIL

Minggu, 05 Agustus 2012

Informasi Hotel di Palembang

ilustrasi hotel
Bagaimana perkembangan hotel di Palembang? Semakin terkenalnya nama Palembang, semakin banyak orang mengunjungi kota Bumi Sriwijaya tersebut. Kebutuhan akomodasi tentunya menjadi sesuatu yang tidak bisa terhindarkan. Terutama ketika akan menghadapi Sea Games ke-26 pada tanggal 11 November - 22 November 2011. Pembangunan hotel-hotel baru seolah saling berpacu dengan waktu. Tanpa terasa sudah berdiri beberapa hotel baru dengan beragam jumlah bintang yang disandangnya.

Hotel-hotel baru tersebut melengkapi keberadaan hotel di Palembang yang terlebih dahulu sudah berdiri. Pembangunan hotel ini ternyata belum juga berhenti. Terdengar kabar bahwa pebisnis Korea Selatan akan membangun hotel di Palembang. Tidak tanggung-tanggung, mereka akan menginvestasikan dananya untuk pembanguan tiga hotel baru.
Suatu berita yang cukup mencengangkan. Betapa para investor itu percaya kalau kota Bumi Sriwijaya akan mampu memberikan keuntungan yang cukup besar terutama untuk bidang bisnis jasa, dalam hal ini jasa hotel di Palembang.

Hotel di Palembang yang Murah Meriah

Kalau anggaran tidak terbanyak dan membutuhkan tempat menginap di sebuah hotel di Palembang, bisa memilih hotel-hotel yang menawarkan tarif yang cukup murah. Hotel-hotel yang ada di jalan Barlian, tarif kamar hotel per malamnya sekira Rp75.000 – Rp100.000. Tinggal pilih mau memakai kipas angin atau AC. Perlu diketahui kalau cuaca di Palembang cukup panas. Jadi, pilihan apakah cukup memakai kipas angin atau AC patut menjadi pertimbangan. 

Ada beberapa hotel yang berada di jalan Barlian yang merupakan jalan menuju ke bandara Sultan Mahmud Badaruddin II. Di antara hotel-hotel tersebut ada juga hotel yang cukup bagus dan berbintang yang tarifnya tentunya lebih mahal. Hotel-hotel yang ada di wilayah ini juga menyediakan tempat hiburan berupa karaoke.
Pemanfaatan tempat hiburan tersebut tergantung kepribadian penghuni hotel karena kabar yang diperoleh mengatakan kalau karaoke itu merupakan tempat yang tidak hanya sebagai tempat bernyanyi. Disarankan bagi yang ingin menjaga dirinya dari hal-hal yang akan menyimpangkannya dari jalan yang benar untuk tidak pernah pergi ke tempat karaoke yang tidak jelas pelayanannya. Hotel di Palembang yang murah, tidak hanya ada di Jalan Barlian, di Jalan Sukarno-Hatta juga ada. 

Hotel di Palembang yang ada di pusat Kota Palembang, ada juga yang murah sekira Rp100.000 – Rp150.000. Misalnya, Hotel Arjuna di Jalan A. Rivai. Hotel yang cukup lama beroperasi ini menawarkan harga yang lumayan terjangkau kantong. Selain itu ada juga Hotel Grand Duta yang menawarkan harga Rp 280.000 per malamnya.
Hotel Grand Duta ini masih termasuk hotel baru. Hotel ini terletak di kawasan Radial. Selain Grand Duta, ada juga hotel-hotel yang berada di dalam Kompleks Ilir Barat, seperti Hotel Budi, Hotel Princess, dan Hotel Duta yang merupakan hotel yang juga sudah cukup lama beroperasi. Kamar yang ada di Hotel Duta cukup besar bila dibandingkan dengan kamar yang ada di hotel-hotel lain di sekelilingnya.
Hotel di Palembang biasanya menyediakan sarapan pagi yang cukup lezat. Makanan khas Palembang seperti nasi minyak, tekwan, pempek, dan lain-lain disediakan. Hotel-hotel yang berada di kawasan Radial ini cukup representatif karena dekat dengan kawasan perbelanjaan, Kompleks Ilir Barat, dan beberapa mal besar seperti Palembang Indah Mall, Ramayana, International Plaza, JM, dan Pasar Cinde yang merupakan salah satu pasar tradisional terbesar di Palembang.

Kalaupun mencari hotel di Palembang yang murah tapi dekat pusat kota, selain di kawasan Radial, ada juga di kawasan 26 Ilir. Di wilayah yang cukup padat dengan adanya rumah susun murah ini, penginapan yang menawarkan harga bahkan hanya Rp 50.000 pun ada. Tapi jangan terlalu berharap banyak dengan fasilitas dan keindahan bangunan hotel atau penginapannya. Intinya kalau ingin ke Palembang, jangan cemas mengenai tempat untuk bermalam. Tinggal sesuaikan saja dengan anggaran perjalanan.

Hotel di Palembang dengan Bintang-bintangnya

Novotel Hotel Palembang
Beberapa hotel di Palembang adalah hotel berbintang. Bintang yang disandang hotel-hotel tersebut beragam jumlahnya. Misalnya, Novotel Hotel yang ada di dekat Palembang Trade Center (PTS) adalah hotel taman yang berbintang 4. Hotel dengan taman yang sangat luas ini menduduki tanah yang dahulunya adalah pabrik pemintalan benang yang dikenal dengan PATAL.

Novotel Hotel terkenal dengan suguhan steak daging sapi Wagyu yang sangat lezat. Harga satu porsi steak yang terkenal dengan kelembutannya ini adalah Rp 400.000. Novotel Hotel juga sering menjadi tempat pameran yang berskala cukup besar.

Selain Novotel Hotel, ada Hotel Aston yang baru saja dibuka pada tahun 2011. Hotel di Palembang yang termasuk baru ini berarsitektur unik. Tampak depan memperlihatkan kalau Hotel Aston yang berbintang 4 ini masih kalah luas dibandingkan dengan Hotel Novotel. Agak jauh berjalan ke arah PUSRI, ada hotel baru lagi yang melengkapi keberadaan hotel di Palembang.
Hotel baru tersebut adalah Hotel Peninsula. Hotel ini berdiri di dekat jalan tembus dari Jembatan Musi 3 ke bandara yang sekarang sedang dalam proses pembangunan. Tarif hotel-hotel berbintang ini memang cukup mahal, mulai dari Rp400 ribuan atau Rp500 ribuan hingga Jutaan rupiah per malamnya. Tapi pelayanan dan fasilitas yang ditawarkan tidak akan mengecewakan.
Hotel di Palembang yang ada di pusat kota juga banyak yang berbintang. Misalnya s di Jalan A. Rivai, ada Hotel Sanjaya yang merupakan salah satu hotel tertua dan terbesar di Palembang. Hotel yang cukup besar ini menyediakan makanan khas ‘Semur daging Sanjaya’. Bagi yang sudah tercicip masakan satu ini, biasanya akan kembali ke hotel tersebut.

Harga kamar standar biasa sekira Rp300 ribuan – Rp400 ribuan. Bila tidak ingin masakan hotel, bisa berjalan sedikit ke arah jembatan Ampera, maka akan terlihatlah beberapa macam restoran yang menawarkan beragam jenis makanan Padang maupun makanan khas Palembang. 
Hotel di Palembang yang ada di pusat kota adalah Hotel Budi berbintang 2, Hotel Princess berbintang 3. Kedua hotel tersebut berada di Kompleks Ilir Barat. Berjarak sekira 2 km ke arah Timur, ada Hotel Horison yang berbintang 5 dan Hotel Aryaduta yang berbintang 4.
Berjalan ke arah Kambang Iwak, ada juga hotel Swarna Dwipa yang termasuk hotel cukup lama yang beroperasi di kota Palembang. Kawasan Kambang Iwak ini menyuguhkan pemandangan taman yang indah dan beragam jenis restoran. Hotel yang berada di kawasan perumahan model Belanda ini bernuansa Palembang dengan suasana yang cukup nyaman.

Memasuki jalan Sudirman yang merupakan jalan utama di Palembang, pelancong bisa memilih beberapa hotel baik yang berbintang maupun yang bertaraf hotel melati. Hotel di Palembang yang terletak di jalan Sudirman ini, misalnya, Hotel Cendana dan Hotel Selatan yang berada berdekatan hanya berseberangan jalan saja.
Kedua hotel tersebut termasuk hotel yang sudah cukup lama. Sedangkan hotel berbintang, Imara Hotel dengan bintang 3 dan The Jayakarta Daira Palembang Hotel yang berbintang 4. Kedua hotel berbintang itu menawarkan arsitektur bangunan hotel yang indah. Apalagi Imara Hotel. Bangunan hotel ini seperti sebuah puri yang indah. 
Masih banyak lagi hotel di Palembang yang bisa menjadi pilihan tempat menginap. Tinggal sesuaikan saja dengan anggaran dan tempat bisnis yang akan dikunjungi. Tidak harus takut dan ragu berkunjung ke kota pempek ini. Hotel di Palembang juga menawarkan kenyamanan dan kemewahan yang tidak kalah dengan hotel-hotel yang ada di tempat lain.

1 komentar: