Minggu, 08 Januari 2012

MODUL / Buku Panduan Rangka Batang

       Bentuk struktur rangka batang (truss) dipilih karena mampu menerima beban struktur relatif besar dan dapat melayani kebutuhan bentang struktur yang panjang. Bentuk struktur ini dimaksudkan menghindari lenturan pada batang struktur seperti terjadi pada balok. Pada struktur rangka batang ini batang struktur dimaksudkan hanya menerima beban normal baik tarikan maupun beban tekan. Bentuk paling sederhana dari struktur ini adalah rangkaian batang yang dirangkai membentuk bangun segitiga. Struktur ini dapat dijumpai pada rangka atap maupun jembatan.

        Struktur Rangka Batang (Truss) adalah struktur yang dibuat dengan menyusun elemen-elemen struktur yang relatif pendek dan lurus menjadi pola-pola berbentuk segi tiga, dimana sambungan antara elemen struktur merupakan sambungan yang dapat berperilaku sebagai sendi atau engsel. Struktur Rangka Batang merupakan struktur yang cukup kaku dan kuat, karena pada struktur ini pengaruh momen lentur dan gaya geser dapat dihilangkan.


      Meskipun Struktur Rangka Batang ini secara keseluruhan akan melentur jika dibebani, akan tetapi karena sambungan antara elemen dapat berperilaku sebagai sendi/engsel, maka masing-masing elemen struktur tidak akan melentur. Elemen-elemen struktur hanya memikul gaya tekan atau gaya tarik. Dengan demikian sistem Struktur Rangka Batang ini merupakan struktur yang cukup ekonomis. Untuk mendapatkan Struktur Rangka Batang yang lebih ekonomis, maka pola struktur yang berbentuk segitiga harus diatur sedemikian rupa sehingga didapatkan bentuk sistem struktur dimana jumlah elemen struktur yang tertarik lebih banyak dari pada elemen struktur yang tertekan.

        Berbagai bentuk dari Struktur Rangka Batang seperti misalnya pola bujur sangkar, tidak memberikan stabilitas dan kekakuan struktur yang cukup, kecuali jika sambungan antara elemen struktur dirancang sebagai sambungan jepit yang kaku.

       Banyak aplikasi teknik sipil yang mempermudah kita dalam perhitungan rangka batang ini misalnya Etabs non linier, Risa 3D dan lain-lain. Namun, dengan kehadiran banyak software ini tentu jangan membuat kita tidak tahu mengenai perhitungan secara manualnya. Banyak perhitungan yang dapat kita gunakan dalam perhitungan rangka batang ini seperti metode Cremona, Richter, Keseimbangan Titik Simpul dan lain-lain.

Berikut saya berikan Modul ataupun buku panduan untuk melatih kita dalam perhitungan dengan beberapata metode seperti Cremona, Ricther dan lain-lain. Semoga modul ini dapat membantu teman-teman sekalian dalam menimba ilmu jurusan teknik sipil di Kampusnya masing-masing.


 Modul atau buku panduan Perhtiungan Rangka Batang




Baca Juga >>>>
---------------------------------------






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar